Ini jalanku mana jalanmu ! (2)

image

Bukit di samping jalan ini adalah bukit yang dulunya tinggi menjulang..harganyapun tidaklah tinggi namun setelah Jalan utama diperlebar dan ada wacana pengembangan kota Purwokerto ke arah selatan harganyapun ikut menjulang tinggi.
Suara truk pengangkut selalu terdengar ditelinga setiap hari mengeruk dan meratakan perbukitan yang dahulu terlihat mustahil until diratakan dengan tanah sekitar.
Situasi ini menciptakan efek baik danĀ  juga buruk, efek baiknya adalah membuka lapangan kerja sebagai penambang bukit bagi warga sekitar, memberi keuntungan lebih besar bagi pemilik tanah, membuat pemandangan menarik yang tidak disadari oleh penambang. Sedangkan efek buruknya adalah merusak jalan utama desa yang sehari hari dilalui oleh warga desa termasuk saya, kurangnya aturan dan pengawasan pengurus desa seakan menambah rusaknya jalan apalagi dimusim human ini jalan bertanah lempung serasa licin bagai jalan berminyak. Keadaan ini dianggap biasa dan tidak bermasalah bagi warga sekitar penambangan karena mereka pun mendapat berkah Dari aktifitas penambangan ini.
Talud jalan memang sudah dibangun oleh desa melalui program PNPM Mandiri, namun saya rasa kurang tepat karena jalannyapun belum diaspal kembali sehingga talud atau pembatas jalan INI pun rusak terinjak truk bermuatan berat.
Tapi apapun bentuk jalannya inilah jalanku ! Yang tidak sempurna tapi dilengkapi pemandangan menarik di sisi sisinya


--Download Ini jalanku mana jalanmu ! (2) as PDF --


Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.